Photobucket

Sunday, July 17, 2011

Aplikasi Islami Android

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi Islami untuk gadget Android yang sangat menarik dan bermanfaat, yang dapat didownload secara gratis di Android Market.






Live Mecca dan Live Madina. Merupakan live video streaming Mekah dan Madinah 24 jam. Bagi yang rindu dengan Al-Haramain, bisa melihat live video streaming dengan aplikasi ini. Suasana Kakbah dan Masjid Nabawi akan terpantau secara real time (ya.. delay-delay dikit lah), termasuk saat Sholat lima waktunya. Namun hati-hati dengan akses internetnya. Sebaiknya menggunakan WiFi atau paket internet unlimited.







Radio Rodja. Aplikasi str
eaming Radio Rodja 756 AM, radio dakwah Islam yang disiarkan dari Cileungsi, Jawa Barat. Kalo pas mendengarkan, setelan time out layar di HP atau tablet harus diperpanjang agar siaran tidak sering terputus karena layar mati.







Al-Quran. Banyak sekali aplikasi Al Quran di Android Market. Tiga aplikasi Quran dengan ikon di atas adalah Al-Zikar, MyQuran, dan iQuran. Untuk
Al-Zikar full version (berbayar, sekitar Rp 60.000,-), disertai dengan suara 7 orang Qari (recitor) yang bisa kita pilih saat menyimak ayat demi ayat Quran, yaitu Ahmed Al Ajmi, Ali Al Hothaify, Maher Moeqali, Mohammad Ayoub, Saad Al Ghamdi, Sheikh Sudais, dan Waheed Qasmi. Suara qari harus di-download sendiri setelah kita melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Ada pilihan terjemahan beberapa bahasa yang bisa dipilih, termasuk Bahasa Indonesia.

MyQuran merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer Indonesia. Keunggulan aplikasi ini adalah adanya pewarnaan hu
ruf untuk menandai tajwid. Tidak ada pilihan suara Qari, hanya ada satu saja.

iQuran, cukup bagus dan lengkap juga, disertai suara 6 orang Qari, yaitu Sheikh Husary, Mishary Rashed, Shuraim, Abu Bakr Ash-Shatree, Abdul Basid, dan Ghamdi. Tentu saja akan bisa didownload lengkap bila menggunakan versi berbayar. Sayangnya, terjemahan Indonesia tidak tersedia untuk versi gratisannya.








Shahih Muslim. Sebetulnya banyak aplikasi kitab Islam yang bisa didownload secara gratis di Android Market, namun sangat sedikit yang b
erbahasa Indonesia, salah satunya kitab Hadits Shahih Muslim ini.







Salat Widget. Widget akan dimunculkan di layar utama gadget
. Setiap waktu Salat akan diperdengarkan suara azan sesuai dengan suara Muazin pilian kita.







Kalender Hijriah. Ikon-ikon di atas, secara berurutan masing-masing adalah Hijri Calendar, LunaSolCal Mobile, Google Sky Map, dan Star Chart. Hijri Calendar menampilkan penanggalan Hijriah, disertai dengan konversi ke kalender Gregorian dan tabel hariannya.

LunaSolCal Mobile menampilkan data-data dan grafik lintasan edar matahari dan bulan, seperti azimuth, altitude, phase, dll.

Google Sky Map dan Star Chart merupakan aplikasi augmented reality lan
git. Gadget kita berfungsi seperti teropong atau jendela untuk melihat benda langit secara real time. Jadi layar akan menunjukkan benda-benda langit yang berada di balik layar gadget kita, tergantung ke mana kita mengarahkan gadget-nya. Dengan aplikasi ini kita bisa melihat posisi bulan relatif terhadap garis cakrawala, sehingga kita bisa tau apakah bulan sudah terbit atau tenggelam di cakrawala. Namun syaratnya, gadget kita harus memiliki GPS. O ya, aplikasi Star Chart tidak bisa didownload gratis di Android Market. Namun di Samsung Apps aplikasi ini bisa didownload guratis tis...







Alkitab. Ini aplikasi Islami bukan ya ? He he.. Bagi yang ingin melakukan studi perbandingan, okelah untuk mendownload aplikasi ini. Terdiri dari terjemahan Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

4 comments:

CatatanDokter.Com said...

Aplikasinya keren2. Sayang belum punya hp android.

Sara said...
This comment has been removed by the author.
BENUAPKR said...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...

BENUAPKR said...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...