Sunday, June 12, 2011

Menggunakan Blackberry Prabayar di Mekkah dan Madinah

Selama ini hampir tidak ditemukan tulisan yang jelas di internet, yang menginformasikan pengalaman cara menggunakan blackberry prabayar di Mekkah dan Madinah. Sepanjang yang saya tau, operator GSM di Arab Saudi ada tiga, yaitu STC (Al-Jawal), Mobily, dan Zain. Ketika berkunjung ke website ketiga operator itu, memang ada info layanan blackberry, ada yang paskabayar dan ada pula yang prabayar. Bahkan STC menyediakan layanan blackberry prabayar mingguan. Cuma masalahnya, dulu sempat ada kabar bahwa layanan blackberry di Arab Saudi dilarang. Yang awalnya pernah dilarang begitu, di kemudian hari biasanya terdapat macam-macam pembatasan dan pengetatan penggunaan. Kira-kira, apa yang perlu kita persiapkan agar saat tiba di sana bisa langsung pake balckberry ?

Saat berangkat dari Bandara Juanda, sempat nanya ke travel leader, katanya registrasi blackberry di Arab Saudi memang agak susah, harus datang ke kantor operator setempat, dengan membawa paspor. Haduh, kok ribet ya. Lalu, kebetulan ada pegawai travel di bandara yang menawarkan Sim Card prabayar Zain kepada para jamaah, seharga SR 70 (mata uang Riyal). Saya minta Sim Card Al-Jawal, yang menyediakan layanan blackberry prabayar mingguan. Tapi katanya Al-Jawal susah dicari kalo tidak pas musim haji. Jadi, dia hanya punya kartu Zain saja. Lalu saya tanya lagi, untuk blackberry gimana registrasinya. Kata Mbak-mbak travel itu, pulsanya harus diisi sampai 100 Riyal dulu, lalu registrasi dengan SMS. “Isi SMS-nya, nanti tanya pembimbing umroh di Arab saja,” katanya.

Sampai di Jedah jam 16.30 waktu Saudi, pesawat langsung diarahkan ke Madinatul Hujjaj, terminal kedatangan dan keberangkatan khusus haji dan umroh yang tahun ini mulai digunakan lagi. Kalo nggak salah sejak 2006 Madinatul Hujjaj memang tidak digunakan. Di ruang tunggu Madinatul Hujjaj banyak petugas cleaning service yang menawarkan Sim Card prabayar. Yang ditawarkan memang hanya Zain, sementara Al-Jawal dan Mobily pada nggak punya. Wah gimana nih, kok nggak bisa dapet Al-Jawal. Lalu kupikir, pasti beberapa hari pertama ini belum akan bisa menggunakan blackberry dengan menggunakan nomor HP Arab Saudi. Akhirnya, dalam perjalanan menggunakan bis menuju Madinah, kuaktifkan layanan Roaming harian Blackberry Kartu Halo Telkomsel dengan menekan *266# lalu Call/Ok. Syaratnya, APN harus disetting menjadi “blackberry.net”, dan setting Network-nya diarahkan secara manual untuk menggunakan operator Zain. Lumayanlah, Rp 50 ribu perhari dapat blackberry unlimited. Cuma sayangnya perhitungan hariannya mengacu pada pergantian hari di Indonesia (WIB). Jadi, saat aktivasi jam 17.00 di Jedah (21.00 WIB), tiga jam kemudian layanan roaming BB harian akan berakhir.

Keesokan harinya di Madinah, sekitar jam 10 saya diantar Ustadz Mujib, pembimbing yang sudah lama bermukim di Mekkah, ke kantor pelayanan Mobily. Lokasinya ada di arah lurusnya pintu utama Masjid Nabawi. Alasan memilih Mobily, karena Ustadz Mujib pake Mobily juga..he he. Di kantor Mobily, kami ambil print out kartu antri dulu. Setelah beberapa menit, nomor kami dipanggil, dan ustadz mulai kal kil kul (kalo di Indonesia cas cis cus :-)) dengan petugas customer service. Untuk registrasi, saya diminta menyerahkan ID Card dari travel yang dikalungkan di leher saya. Rupanya ID Card ini cukup sakti juga, sudah bisa menjadi pengganti paspor. Di ID card sudah tertulis nama dan nomor paspor pemegang ID Card. Lalu, saya diminta bayar SR 30, untuk biaya registrasi prabayar dan pulsa senilai SR 30. Untuk aktivasi balckberry, saya dipersilakan mengisi pulsa dengan voucher yang dijual bebas di luar sampai minimal SR 100, lalu kirim SMS ke 1100 dengan isi SMS “BIS”.

Keluar dari kantor Mobily, kami langsung ke Money Changer, untuk beli voucher pulsa Mobily. Saya beli yang SR 90, lalu segera saya isikan ke nomor HP Mobily. Dan saat mengirimkan registrasi BB ke nomor 1100, pulsa berkurang sebesar SR 99. Alhamdulillah, akhirnya bisa BB-an pake nomor HP setempat. Keuntungannya, bisa tetap BB unlimited dengan murah, sekaligus bisa telepon dengan tarif lokal ke nomor HP istri, pembimbing, dan anggota jamaah yang lain yang sudah menggunakan nomor Arab Saudi. Untuk setting email, dilakukan langkah yang sama seperti setting email saat di Indonesia, yaitu melalui menu Setup>Email Setting.

Pada hari-hari berikutnya saya baru sadar, ternyata di emper-emper gedung sekitar Masjid Nabawi banyak orang berjualan Sim Card dan voucher pulsa, lengkap mulai dari STC, Zain, dan Mobily. Contoh voucher pulsa SR 10 untuk Mobily terlihat pada foto di awal tulisan ini. Kartu-kartu ditata di dalam kotak kaca kecil yang mudah dibawa-bawa oleh penjualnya. Wah, tau gitu kemarin nggak perlu ke kantor pelayanan Mobily. Mestinya bisa langsung beli prabayar STC dan aktivasi BB mingguan di penjual kartu kakilima ini. Hanya saja, kalo di penjual kartu kakilima, registrasinya mungkin tidak menggunakan nama kita sendiri. Mungkin sudah diregistrasi secara bodong oleh penjualnya.

Pas mau upload tulisan ini, sempat browsing lagi, dan ternyata Mobily juga punya yang mingguan. Wew, habis website-nya memang lemot sih saat dulu dibuka-buka.

Berikut beberapa cara aktivasi blackberry prabayar dengan SMS :
1. STC/Al-Jawal, ketik 8844 (mingguan, SR 29), atau ketik 8811 (bulanan, SR 99), kirim ke 902. Atau bisa lihat di website-nya
2. Mobily, ketik BIS7 (mingguan, SR 29), atau ketik BIS (bulanan, SR 99), kirim ke 1100. Atau bisa lihat di website-nya
3. Untuk Zain, website-nya ada, cuma cara aktivasinya belum nemu.

6 comments:

UII Fans said...

Artikel yang menarik..
Salam dari sahabat di Jogja...^_^

Universitas Islam Indonesia
http://uii.ac.id/

Moderator said...

Bermanfaat. Moga2 penulisnya mendapatkan pahala. Amin.

ferikamelati said...

saya menggunakan kartu STC, setelah kirim sms ada balasan menggunakan bahasa arab, saya tidak paham apa yang dimaksud, bagaimana yah?
terimakasih

Anonymous said...

Sangat bermanfaat artikelnya semoga Allah memberikan pahala yang stimpal amin....

luceline chandra said...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...

luceline chandra said...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...