Photobucket

Saturday, December 4, 2010

Jam Tangan dengan Penanggalan Hijriah

Bagi Muslim, kebutuhan untuk mengikuti penanggalan Hijriah bisa dikatakan sangat tinggi. Bagaimana tidak, banyak ibadah wajib dan sunat yang didasarkan pada perhitungan tanggal yang berbasis pada peredaran bulan ini. Ibadah itu antara lain Puasa Ramadan, Idul Fitri, Idul Adha, Ibadah Haji, Puasa tengah bulan (tanggal 13, 14, 15), puasa 9 dan 10 Muharam, dll. Namun rupanya kebanyakan dari kita melupakan atau bahkan tidak mengetahui sama sekali hal ihwal penanggalan Hijriah ini, bahkan nama bulan dan urutannya pun kita sering lupa.

Melihat kebutuhan tersebut, mestinya mulai saat ini kita harus mengapresiasi perhitungan penanggalan Hijriah. Sekedar sharing, bukan promosi, sebenarnya banyak jam tangan secara tidak langsung telah mengandung penanggalan hijriah. Tidak secara ekplisit menyebut tanggal dan bulan, namun di situ terdapat fitur moon phase dan moon age. Fase bulan memperlihatkan animasi bentuk bulan, mulai dari bulan sabit, bulan purnama, hingga bulan sabit kembali. Umur bulan (moon age) ditunjukkan oleh angka 0,0 hingga 29,5, yang kira-kira setara dengan tanggal 1 sampai 29 atau 30 hijriah.

Jam tangan merk Casio banyak yang mengandung fitur moon phase dan moon age. Fitur tersebut sebenarnya didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan para penghobi mancing, berburu, olah raga air, dll. Seperti kita ketahui bahwa posisi bulan relatif terhadap bumi dan matahari akan mempengaruhi pasang dan surut permukaan air laut di bumi. Tidak ada salahnya kita memanfaatkan fitur tersebut untuk mengetahui perkiraan tanggal hijriah yang sedang berlangsung.

3 comments:

asepDELAPANTUJUH said...

wah keren euy, pengen banget,

Unknown said...

assalamu alaykum

jam hijriah digital berformat swf talah saya buat, sehingga bisa di jalankan di HP anda yang bisa memainkan file flash dan komputer anda.
Proyek saya saat ini membuat jam hijriah digital lengkap dengan RT/WT dan jam hijriah yang berganti pada saat maghrib untuk komputer (.exe).
Jam ini sama seperti jam hijriah yang asli,... bisa di download di blog saya:
www.karyahusadatm.co.cc
saya tunggu kunjungan dan sarannya
Terima Kasih

wassalam

BENUAPKR said...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...